Pendaftaran SNPMB 2024 Telah Dibuka

Pendaftaran SNPMB 2024 Telah Dibuka

Pendaftaran SNPMB 2024 Telah Dibuka

Opinikampus.com – Pendaftaran Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2024 telah resmi dibuka. Tahapan awal dari proses ini adalah penentuan kuota sekolah berdasarkan akreditasi yang dimulai pada 28 Desember 2023.

Baca Juga: SNBT 2024 Perubahan Penting! Pilihan 4 Program Studi

Informasi Pendaftaran SNPMB 2024

Untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendaftar SNPMB 2024, Anda dapat mengunjungi laman portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. SNPMB dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor serta prestasi akademik dan non akademik siswa.

Rapor yang digunakan adalah semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun; atau semester satu sampai dengan semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.

Prestasi Akademik dan Non Akademik

Prestasi akademik maupun non akademik siswa yang dinilai adalah tiga prestasi terbaik. Sekolah yang mengikutkan siswanya dalam SNPMB harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan rapor siswa yang eligible di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dengan lengkap dan benar.

Baca Juga: Beasiswa LPDP Indonesia: Persyaratan, Cara Mendaftar, dan Tips Mengikuti Seleksi

Sekolah harus memiliki Akun SNPMB Sekolah Untuk pengisian PDSS. Siswa harus memiliki Akun SNPMB Siswa untuk pendaftaran SNBP. Registrasi Akun SNPMB Sekolah dan registrasi Akun SNPMB Siswa dilakukan di Portal SNPMB.

Syarat Siswa Pendaftar

Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul, dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS. Siswa yang akan mendaftar SNBP disarankan membaca informasi persyaratan program studi pilihan pada laman PTN yang dituju.

Siswa yang telah dinyatakan lulus seleksi Jalur SNBP 2024, SNBP 2023 dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 tidak dapat mendaftar UTBK-SNBT 2024. Siswa yang dinyatakan lulus seleksi Jalur SNBP 2024 tidak dapat mendaftar seleksi Jalur Mandiri di PTN manapun.

Tahapan Seleksi

Seleksi pada jalur SNBP dilakukan berdasarkan prinsip sebagai berikut:

  1. mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lainnya;
  2. memperhitungkan rekam jejak kinerja sekolah;
  3. memperhitungkan lintas jurusan; dan
  4. menggunakan kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN secara adil, akuntabel, dan transparan.

Seleksi dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:

  1. siswa pendaftar diseleksi berdasarkan urutan pilihan program studi pertama; dan
  2. jika siswa tidak lulus seleksi pada pilihan program studi pertama, maka akan diikutkan pada seleksi pilihan kedua.

Ikuti kami di Google News: Opini Kampus

Exit mobile version