Daftar Magang Bersertifikat Kampus Merdeka

Kampus Merdeka

Opini Kampus – Saat ini Kemendikbud Ristek kembali membuka program magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) untuk angkatan ke-4 yang pendaftarannya masih dibuka sampai dengan 20 Januari 2023.

Program magang ini memberikan kesempatan kepada semua mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman kerja di perusahaan mitra Kampus Merdeka, mulai dari BUMN, Swasta maupun Startup. Serta dapat mengasah kemampuan mahasiswa untuk bekerja secara langsung dalam proyek atau terlibat langsung dalam permasalahan yang rill dalam dunia kerja

Dari informasi yang kami dapat dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) untuk syarat mendaftar pada program magang dan studi independen bersertifikat adalah sebagai berikut:

  1. Mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa memandang ras, warna kulit, jenis kelamin, bahasa, agama, serta situasi ekonomi dan sosial lainnya.
  2. Mahasiswa aktif dan terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) atau yang belum dinyatakan lulus dari program studi terakreditasi dari seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek).
  3. Mahasiswa aktif pada jenjang D2/D3/D4/S1 dengan ketentuan semester sebagai berikut pada saat program MSIB dimulai:
    • D2 minimal semester 3
    • D3 Minimal semester 4
    • D4 dan S1 Minimal semester 5
  4. Mahasiswa berstatus aktif atau belum yudisium selama program MSIB berjalan.
  5. Data Mahasiswa terdaftar di PDDIKTI dan data sudah sesuai dengan nama di KTP Mahasiswa.
  6. Mahasiswa wajib mengunggah dokumen berikut:
    • Curriculum Vitae (CV)
    • Transkrip Nilai
    • Surat Rekomendasi dari universitas
    • Surat Pernyataan Tanggungjawab Mutlak (SPTJM)
    • Foto/scan KTP
  7. Mahasiswa diharapkan menjalani program secara penuh waktu (fulltime) dan fokus pada program MSIB.

Itulah beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh mahasiswa jika ingin mendaftar dalam program magang dan studi independen bersertifikat (MSIB). Jika anda ingin melihat daftar perusahaan yang membuka lowongan untuk MSIB bisa klik link berikut ini : https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program Jika mahasiswa belum memiliki akun kampus merdeka, anda dapat membuat akun terlebih dahulu.

Sedangkan untuk proses seleksi sepenuhnya diserahkan kepada mitra penyedia program magang dan studi independen. untuk mahasiswa yang diterima di program tersebut akan mendapatkan notifikasi untuk mengambil atau menolak tawaran tersebut di akun kampus merdeka.

Exit mobile version